2017年10月10日星期二

蝶豆(蝶豆花)~的主要价值与作用. Health Benefits of ”Butterfly pea” 0r (Blue Pea Flower)。 Khasiat Bunga Telang。

蝶豆
拉丁学名
Clitoria ternatea   英文;Butterfly Pea
别    称
蓝蝴蝶,蓝花豆,蝴蝶花豆,羊豆、豆碧
二名法
Clitoria ternatea Linn.
植物毒性
有毒部位:成熟种子和根部。
中毒症状:人畜误食会出现恶心、呕吐和腹泻等症状[2]  。
主要价值

 維生素A、C、E帮助和促进皮肤的弹力和骨胶原, 同时还具有补脑,促进脑的活力,防止胃痛,抗忧郁、抗压力、镇静、止惊厥、缓和情绪等天然保健功效。                                          (真静)字经觉
种子及根的效用:可治眼疾、慢性气管炎、止痛、利尿、通经、治便秘、消腹水、止关节痛。药用作为驱虫剂、缓泻剂、利尿剂及通经剂。
营养价值
日本網站Beautyherb指出,蝶豆花還是泰國30歲前後的女性會為了美容和健康而時常飲用的飲品,具有預防血壓上升、抗發炎,還有鎮靜、放鬆的效果。花青素能抑制內臟脂肪囤積,預防肥胖,對於預防生活習慣病以及瘦身的效果也廣受矚目。
還有許多研究指出攝取足夠的花青素,能降血壓、預防動脈硬化以及保護微血管健康,降低心血管疾病風險,同時花青素還能增加胰島素分泌,降低罹患二型糖尿病風險。
蝶豆花中的天然蓝色素,也是有疗效的。如果将其加入柠檬并调制成花茶饮品,就是保健心脏血管的绝佳饮料。
食用价值
蝶豆花的可食部位是叶、花及嫩荚。较幼嫩的叶片及盛开的花朵,亦可拿来煮汤、油炸等。用嫩芽来炒肉丝或煮熟後食用,都十分可口。蝶豆花的叶及花的萃取液,可当作纯天然的食品染料。
药用价值
   
  泡法:將適量蝶豆花(5~6朵)放入杯中,以熱水沖泡即可飲用。


 English: Butterfly Pea, Winged-leaved, Clitoria, Mezereon

Aparajita (Clitoria ternatea) is perennial twining climber which common all over the tropical parts of India. This medicinal herb has analgesic, anti-inflammatory and memory improving properties. In Ayurveda it is considered as ‘Medhya drug’ or one that improves mental abilities, intellect and works on nervous system.Here are few remedies that can be done at home using Aparajita herb or Clitoria  to cure various ailments.
  Chronic bronchitisMix root juice in milk and drink.
  Nerving tonic, Improving memory, brain functionDrink its root juice with honey.
If you grow butterfly pea in your garden, you can dry the flowers yourself and store them for future use.
There are so many ways to get the healing power of the butterfly pea plant. You can add the petals to a salad or brew a beautiful blue tea. Butterfly pea is one of the few plants that has cyclotides in it. These are peptides that have antitumor properties and cause cancer cell death because they can penetrate the cancer cell membrane.
A recent study in China found butterfly pea to be very effective against certain lung cancer cell lines.1 Other studies have shown that a powder made from the ground-up leaves of the
A team of researchers in India found that butterfly pea increases the levels of the neurotransmitter acetylcholine.3 Acetylcholine is important for communication in your brain. And it’s one of the brain chemicals that decreases the most as you age.
Traditional herbalists on Bali use the roots to cure eye ailments and the flowers to cure eye infections like conjunctivitis, or “pink eye.”
Effects of butterfly pea
Here are just a few of the other healing properties of the butterfly pea plant:
* Lowers blood pressure
* Anti-anxiety
* Anti-asthmatic
* Pain relieving
It’s like a full-stop natural drugstore in one gorgeous little plant.



10 Manfaat dan Khasiat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiat.co.id – Bunga telang merupakan salah satu tenaman merambat yang biasanya sering kita temukan pada sebuah hutan di pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman yang memiliki warna biru terang ini sebenarnya juga memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh anda. Berbagai macam manfaat telah tersedia di dalam bunga ini yang tentunya bermanfaat sekali bagi kesehatan anda.
Berbicara tentang manfaat dari bunga ini tidak lepas juga karena kandungan yang telah ada di dalamnya. Untuk kandungan yang telah ada di dalam bunga ini telah ada flavonoid, fenol, alkaloid, saponin, sulfur, co-oksalat, triglucoside dan juga kandungan lainnya. Tentu, dengan banyaknya kandungan tersebut dipastikan bunga ini memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja manfaat dan khasiat bunga telang, berikut inilah manfaatnya.
1. Mengobati sakit telinga
bunga telang yang pertama bisa membantu anda dalam mengobati sakit kepala. Berbicara tentang sakit kepala sendiri merupakan salah satu hal yang sangatlah mengganggu aktivitas. Tentu, hal ini perlu sekali untuk diatasi, dan salah satu cara untuk mengobati sakit kepala ini dengan mengoleskan beberapa perasan dari bunga ini yang dicampurkan dengan beberapa dikit garam pada telinga.
2. Mengobati bisul
Timbulnya sebuah bisul atau abses pada bagian tubuh juga bisa sekali untuk kita atasi dengan cara alami. Salah satu caranya untuk mengobati bisul ini bisa dilakukan menggunakan bunga ini yang ditumbuk dengan gula jawa. Kemudian setelah itu, anda bisa membalurkan ramuan ini pada tubuh anda yang telah terkena oleh bisul.
3. Mengobati gangguan pada penglihatan
Pengobatan secara tradisional seperti mengobati gangguan penglihatan menggunakan bunga ini merupakan salah satu hal yang bisa anda lakukan. Ramuan dari bunga ini telah dipercaya mampu membuat mata kita menjadi lebih tajam, tentu hal ini nantinya bisa membantu kita supaya penglihatan kita menjadi lebih cerah. Tentu, untuk anda yang ingin memiliki penglihatan yang tajam dan jernih bisa untuk mengkonsumsi bunga ini.

4. Membantu mencuci darah
Darah merupakan salah satu hal yang telah menjadi penyebab berbagi macam gangguan penyakit kulit salah satunya seperti bisul. Untuk mengatasi penyakit ini, kandungan dari bunga telang ini bisa untuk anda rebus dan minum dengan rutin. Ramuan ini sangatlah baik sekali untuk anda konsumsi karena bisa membantu anda dalam mencuci darah.
5. Sebagai detoksifikasi
Bunga ini juga bisa dijadikan sebagai minuman the herbal yang sangatlah baik sekali karena mampu dijadikan sebagai teh herbal yang mampu membantu menghilangkan semua racun yang ada di dalam tubuh dan pencernaan. Tentu, hal ini nantinya mampu membantu mengeluarkan semua racun yang sangatlah berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh anda.
6. Sebagai obat batuk
Kandungan dari akar kembang talang ini bisa sekali untuk anda gunakan sebagai obat tradisional untuk membantu anda dalam menyembuhkan batuk. Tentu, bagi anda yang ingin mengobati batuk anda bisa mengkonsumsi akar bunga ini sebagai salah satu cara untuk mengobati batuk.
7. Mengatasi gangguan seksual pada wanita
Ramuan herbal yang telah dibuat dari bunga kembang talang ini juga sangatlah mampu sekali jika digunakan untuk mengobati gangguan seksual. Kandungan yang telah ada di dalam bunga ini mampu membantu mengobati gangguan seksual para kaum wanita seperti masalah saat haid.
8. Mengatasi stress
Untuk anda yang saat ini sedang mengalami stress karena banyaknya aktivitas ataupun banyaknya pekerjaan yang anda lakukan, tentu hal ini perlu sekali untuk diatasi. Kandungan yang bersifat anti depresan yang telah ada di dalam bunga ini mampu memberikan ketenangan, senang dan damai yang nantinya mampu mengatasi stress.
9. Meningkatkan kekuatan otak
Bunga ini juga memiliki kemampuan di dalam meningkatkan memori yang nantinya bisa membantu seseorang menjadi lebih intelektual. Tentu, hal ini menjadikan bunga ini sering sekali dijadikan sebagai pengobatan yang memiliki hubungan dengan otak. Bukan hanya itu saja, bunga ini juga memiliki efek positif pada saraf yang nantinya mampu memperkuat saraf dan meningkatkan fungsi dari otak.
10. Mengobati infeksi tenggorokan

Manfaat lainnya dari bunga telang ini dipercaya bisa membantu anda dalam mengobati infeksi tenggorokan, salah satunya jika anda seorang perokok. Cara untuk mengobatinya anda bisa menggunakan air rebusan bunga talang untuk obat kumur.

没有评论:

发表评论

香兰叶治痛风方法和种植方法.Pandan leaf.

你知道为什么那么多印度人和马来人喜欢香兰叶吗? 香兰叶也称为班兰叶(Pandan leaf),又名七叶兰,香林投、碧血树. 在东南亚一带,如:泰国,新加坡和马来西亚是很常见的食材,有一股澹澹的清香味道。很普遍,到处都可以买得到。 通常华人用它来煮糖水如:清汤,薏米糖水、番薯(红薯...

草药